Setiap tanggal 25 Mei adalah hari yang
sangat bersejarah untuk KIA Motors, karena pada hari tersebut awal dari
sejarah berdirinya KIA Motors sebagai pemain industri mobil di Korea.
Setelah berdirinya perusahaan pada tahun 1944, KIA Motors memproduksi
sepeda pertama Korea tahun 1952, sepeda otomatis sepeda tahun 1962, truk
roda 3 tahun 1962 dan sedan penumpang 1974. Sejarah ini sangat bernilai
harganya karena untuk menunjukkan eksistensi KIA Motors dalam
pengembangan teknologi inovatif, mesin dengan performa tinggi dan untuk
menjadi salah satu yang terbaik di industri otomotif.
Sampai
hari ini, KIA Motors adalah perusahaan global yang telah mengekspor
sekitar 1,5 juta mobil setiap tahun antara lain mobil penumpang,
kendaraan komersial dan bus. Berbagai kendaraan KIA dapat dilihat di
sekitar 170 negara di seluruh dunia. Bukan menjadi hal yang aneh lagi
apabila melihat mobil polisi dengan lambang KIA di Eropa atau iklan di
New York Times Square berupa billboard untuk model mobil KIA terbaru.
Selain itu, kini KIA Motors memiliki fasilitas penelitian dan pusat
desain global di negara-negara seperti Korea, Slovakia, Cina dan Amerika
Serikat dengan jumlah karyawan sekitar 44.000 karyawan Kia Motors yang
bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan beragam konsumen.
Produksi truk pertama Korea “K-360″ (1962)
Produksi truk kargo roda 4 “Titan” (1971)
KIA
Motors membuat perubahan luar biasa dalam rentang waktu singkat 67
tahun. Namun, perusahaan juga sempat mengalami krisis kebangkrutan pada
tahun 1997. Untungnya, KIA Motors mampu mengatasi hal tersebut dan
memiliki awal yang baru sebagai bagian dari Grup Otomotif Hyundai-KIA
dua tahun kemudian dan pasca krisis tersebut menjadi dasar untuk
melakukan lompatan besar ke depan bagi perusahaan.
Tahun
2000, KIA Motors menetapkan pandangan tidak hanya untuk pasar domestik
tetapi juga pasar luar negeri. KIA mengumumkan desainnya sebagai “mesin
inti masa pertumbuhan” sejak merekrut Peter Schreyer sebagai Chief
Desain Officer (CDO) tahun 2006. Sejak bergabungnya Peter Schreyer, KIA
Motors telah berhasil mengembangkan desain yang unik untuk produk-produk
KIA dan membentuk identitas merek yang kuat bagi konsumen di seluruh
dunia.
KIA Motors berusaha tidak
hanya mengembangkan desain di sekitar mobil saja. Desain bukan hanya
ditujukan untuk menciptakan sebuah mobil yang menarik, melainkan
menawarkan fitur yang akan membantu kehidupan pelanggan menjadi lebih
mudah dalam menjalankan aktivitas sosial di lingkungannya. Sebagai
penghargaan atas upaya ini, KIA Motors telah memenangkan berbagai ajang
kompetisi internasional seperti Penghargaan Desain Red Dot dan iF Design
Awards selama dua tahun berturut-turut.
Selain
itu, kendaraan KIA juga diakui sebagai “Top Safety Pick” oleh para ahli
global dan media terkemuka. Dalam hal ini, KIA telah dikenal di seluruh
dunia karena sukses memberikan kepuasan pelanggan dengan fitur-fitur
canggih dalam hal keselamatan dan kehandalan. Awal tahun ini, KIA Motors
telah melampaui angka 10 juta ekspor secara kumulatif dan semakin
diakui sebagai merek yang dicintai oleh pelanggan di seluruh dunia.
Namun, semua ini hanyalah titik awal dari transformasi KIA Motors dan
berharap dapat membuat perubahan lebih besar dan lebih menakjubkan untuk
KIA Motors.
0 komentar:
Posting Komentar