Dari
permulaan yang sederhana sebagai sebuah produsen onderdil sepeda buatan
tangan dipinggiran kota Seoul, Korea, KIA Motors telah muncul sebagai
suatu kekuatan penggerak di balik kendaraan motor buatan Korea selama
enam dekade terakhir. Berdiri pada tahun 1944, KIA merupakan produsen
kendaraan tertua di Korea yang diakui memiliki daftar kualitas terbaik
yang mengesankan, yang menyatakan diri sebagai produsen serta eksportir
mobil buatan Korea paling pertama.
Nama”KIA”
berasal dari dua huruf Cina: “ki” yang berarti “Terbit” atau “Bangkit”
dan “a” yang berarti Asia. Dengan demikian secara kasar KIA dapat
diterjemahkan sebagai “Terbit atau Bangkit dari Timur” atau “Terbit atau
Bangkit dari Asia” dan KIA akan bangkit jauh dari asal mulanya yang
sederhana.
Saat ini KIA telah
benar-benar bangkit sebagai sebuah pemain global utama dan membanggakan
suatu jajaran produk yang telah berkembang yang dijual melalui jaringan
distributor dan dealer yang meliputi 172 negara di seluruh dunia. Lebih
dari 40.000 karyawan KIA di seluruh dunia membentuk suatu jaringan
manusia luas yang mengaspirasikan keunggulan demi kepentingan pelanggan
KIA yang berharga.
Vision
KIA
akan menjadi sebuah merk berkelas dunia dan akan mencapai puncak
industri otomotif global. Sebagai tambahan, KIA akan membangun sebuah
struktur yang ideal yang menjalin baik pertumbuhan kualitatif maupun
kuantitatif.
KIA akan meninggalkan
pendapat-pendapat dan kebiasan-kebiasan yang terbentuk sebelumnya.
Perusahaan akan mencari gagasan-gagasan yang kreatif dan inovatif dalam
rangka mengejar visi jangka panjangnya untuk menciptakan sebuah
masyarakat yang menghargai lingkungan dan umat manusia. KIA akan
berupaya untuk membina suatu budaya perusahaan yang meningkatkan
kesejahteraan manusia.
Kepuasaan
pelanggan merupakan tujuan akhir. Kepercayaan dan keyakinan diperoleh
dengan menyediakan teknologi yang terbaik, kualitas produk teladan dan
layanan pelanggan yang unggul.
Identitas Perusahaan
Dengan
tipografi dan logo tiga dimensinya, identitas perusahaan KIA dirancang
untuk mencerminkan citra perusahaan yang berjiwa muda dan penuh semangat
kerja. Warna merah yang pekat dan kaya memberikan kesan gairah matahari
dan menggambarkan kebulatan tekad KIA yang kuat untuk maju secara
bersemangat dan menyenangkan. Bentuk elips yang fleksibel dan harus
melambangkan bola dunia dan merajuk kepada kekokohan KIA sebagai sebuah
pemain utama di atas panggung otomatif dunia.
Slogan Merek
“The
Power to Surprise” adalah slogan merek KIA dan menggambarkan komitmen
global KIA untuk melampaui ekspektasi-ekspektasi pelanggan melalui
inovasi otomotif yang berkelanjutan dan di saat yang bersamaan
mewujudkan atribut-atribut “menggairahkan dan memungkinkan” dari merek
KIA.
Desain
Sebagai
mobil yang lebih dari sekedar cara untuk pergi dari suatu tempat ke
tempat lain, maka KIA telah berinisiatif untuk merancang mobil-mobil
bermutu tinggi yang inspirasional. Fokus perusahaan yang luas ke untuk
menjadi sebuah merek yang terdepan oleh desain selama beberapa tahun
terakhir telah menghasilkan pencitraan ulang merek KIA sebagai sebuah
kekuatan besar yang sepenuhnya dalam desain otomotif.
Kata-kata
seperti “dinamis”, “menyolok”, “penuh gairah” dan “menyenangkan”
menggambarkan etos desain mobil baru KIA. Desain-desain tersebut
bertujuan untuk dengan cepat menarik perhatian mereka yang menginginkan
gaya hidup muda dan aktif.
Konsep
“desain” tersebut lebih dari sekedar desain mobil. Inspirasi ini
memasukkan setiap aspek operasi KIA, melampaui kerangka kendaraan untuk
mempengaruhi hubungan masyarakat, perikalanan, jajaran produksi, riset
dan pengembangan, penjualan dan fungsi-fungsi bisnis perusahaan lainnya.
Kisah revolusi desain KIA merupakan suatu pelajaran dalam inovasi
bisnis.
Bagaimana KIA berbeda?
KIA
membedakan dirinya dari para kompetitornya melalui hal nilainya. Saat
seorang pelanggan membeli sebuah mobil KIA, ia dapat mengharapkan akan
mengendarai sebuah kendaraan yang dirancang secara dinamis dan dibuat
dengan standar yang tertinggi dengan nilai yang luar biasa. Target
pelanggan KIA adalah mereka yang “Berjiwa Muda”
0 komentar:
Posting Komentar